Blogger Widgets
Headlines News :
Home » » Bandung Perlu Pemimpin yang 'Masagi'

Bandung Perlu Pemimpin yang 'Masagi'


Oleh Robby Maulana Zulkarnaen, Pendiri dan Ketua Umum Paguyuban Sundawani Wirabuana
Robby Maulana Zulkarnaen adalah pendiri dan Ketua Umum Paguyuban Sundawani Wirabuana yang selama ini dikenal sebagai organisasi kasundaan yang aktif memberi sumbang saran pemikiran demi mengangkat dan mengembangkan keberadaan dan potensi masyarakat Sunda ke arah yang lebih baik.
Organisasi yang seluruh anggotanya selalu mengenakan pakaian khas iket Sunda dan baju kampret/pangsi ini, ingin berperan aktif secara positif pada permasalahan yang timbul di daerahnya. Robby merindukan pemimpin yang jujur dan amanah.
“Saya ingin punya pemimpin yang bener dan amanah untuk “ngabebebenah” kota Bandung, bukan seorang “pemimpin yang mabuk kemenangan” tapi lupa pada  tugas dan kewajibannya untuk memajukan kota Bandung,” katanya kepada interupsi.
Bandung itu pusatnya Jawa Barat dan Jawa Barat itu pusat budaya, barometernya semua bidang, pergerakkan, kreativitas, mode, musik, pendidikan. Jadi untuk “ngabeberes” Bandung mah harus ada pemimpin yang “masagi(piawai), luhung elmuna, panceg agamana, jembar budayana, jeung rancage gawena!” ujarnya berapi-api.
Tapi, menurut dia, kepiawaian pemerintah juga harus didukung oleh segenap lapisan masarakat. Bagaimanapun bagusnya seorang pemimpin, kalau tidak didukung rakyat, tidak akan berjalan.Untuk itu, pemerintah harus “ngabeberes’ dulu lingkungannya (komponennya), 
“Ya caranya jangan korupsi, harus jujur dan adil dan memihak rakyat, nah kalau pemerintahannya bersih rakyat juga akan punya  “kareueus(kebanggaan) pada pemimpinnya dan setelah itu akan timbul kesadaran kolektif, rayat tidak perlu disuruh-suruh, akan patuh,” imbuhnya.
Intinya, robby mengajak kepada seluruh warga Bandung. “Mangka ati-ati dina milih pamingpin, ulah kabongroy ku sohorna, kagaet ku kasep jeung geulisna nu badis artis-artis ti Batawi. Da pamingpin mah kedah masagi, luhung elmuna, jembar budayana, panceg agamana, rancage gawena! Walikota teh wawakil rayat nu boga pola ngarumat kota sanes ngala harta- banda warga, nu antukna ditewak KPK.  Jadi pamingpin mah ulah sarakah tapi kedah amanah!” Begitu pesannya. (Asep GP/Tabloid Interupsi).*
Share this article :

1 comment:

MENUJU DPR RI said...

Sangat Setuju Pisan Kang
Bandung mah harus ada pemimpin yang “masagi” (piawai), luhung elmuna, panceg agamana, jembar budayana, jeung rancage gawena!”

Manawi ie teh janteun visi misi sundawani oge nya Kang, Luar biasa abdi satuju pisan upami Visi misi di luhur tiasa di kibarkeun ka sadaya warga kota bandung khususna sareng sawilayahna sareng sundawani hingga menggaung di Kota Bandung ,

Post a Comment

 
Copyright (c) 2013 Tabloid Interupsi Bandung. All rights reserved. Redaksi/Pemasaran: Jln. Cikutra 276-D Bandung.
Blog by Romeltea. Powered by Blogger and Free Domain Name. Pilar Interupsi Media